.

Kamis, 04 Oktober 2012

Kiprah PPNI


PPNI Untuk Masyarakat Indonesia
Banyak kegiatan PPNI, tidak saja dalam peningkatan kualitas professional perawat Indonesia tetapi juga dalam ikut menciptakan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, beberapa event kegiatan sosial dalam rangka ikut upaya preventif, promotif dan rehabilitatif kepada masyarakat diantaranya deteksi dini penyakit, deteksi kesehatan dan perkembangan anak dan perempuan, konsultasi dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan, dan banyak lagi kegiatan semua bersifat sosial kemasyarakatan oleh PPNI diseluruh wilayah Indonesia.
 
Peran PPNI tidak saja dalam social kemasyarakatan tetapi juga dalam penanggulangan bencana baik Aceh, Yogya, Bengkulu, Padang, Jakarta dan Wasior Papua. Dalam kondisi bencana PPNI bersama perawat seluruh Indonesia berupaya menjadi garda depan dalam penangganan bencana, karena PPNI memiliki perwakilan pengurus daerah yang berada di 33 Propinsi. Melalui kegiatan dan peran PPNI yang selama ini dilakukan, diharapkan masyarakat dapat merasakan peran nyata organisasi profesi keperawatan dalam berkontribusi terhadap usaha pelayanan kesehatan promotif, peventif, kuratif dan rehabilitative secara berkualitas dan berpihak pada rakyat.

PPNI Di Dunia Internasional
Peran PPNI di dunia International telah dicanangkan sejak PPNI berdiri tahun 1974, pada saat itu sudah dipikirkan bagaimana menjadi anggota ICN (International Council Nursing). Tidak hanya itu sejak tahun 1983 PPNI bersama dengan Pemerintah telah membuka pendidikan keperawatan professional dan mengembangkannya dalam korider pendidikan tinggi di Indonesia, pada saat itu masih banyak pengajar yang didatangkan dari luar diantaranya Australia, Belanda, Inggris dan lain-lain. Pembinaan PPNI dalam pendidikan keperawatan selalu berupaya mendorong terciptanya pendidikan keperawatan yang professional.

PPNI sejak tahun 1983 sampai saat ini telah banyak melakukan kerjasama dengan organisasi profesi di dunia internasional diantaranya dengan Australia, Jepang, Inggris, dan masih samapai saat ini adalah dengan Jepang dan Canada (Canadian Nurses Association). Pada tahun 2003 PPNI telah resmi menjadi anggota ICN yang ke 152 sampai saat ini. Kerjasama International diperlukan untuk mencapai kesamaan derajat perawat Indonesia yang sejalan dengan perkembangan profesi keperawatan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More